Kls 6 Tema 9-2

KELAS 6  TEMA 9 SUB TEMA 2

PEMBELAJARAN 1
BINTANG

TANYA JAWAB
1. Apakah yang disebut dengan bintang?
    Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri
2. Mengapa bintang memiliki warna yang berbeda-beda?
Perbedaan warna bintang salah satunya disebabkan oleh perbedaan suhu permukaan bintang tersebut.
3. Mengapa Matahari disebut sebagai bintang?
    Karena Matahari menghasilkan/memancarkan cahayanya sendiri
4. Apakah yang kamu ketahui tentang Matahari?
Matahari adalah salah satu contoh bintang. Matahari merupakan bintang yang letaknya paling dekat dengan Bumi. Matahari memiliki volume sangat besar yaitu sekitar satu juta kali volume Bumi. Gaya gravitasi Matahari lebih kurang 28 kali lebih besar dari gravitasi Bumi. Matahari menjadi pusat tata surya yang dikelilingi oleh delapan planet.

Sistem tata surya kita selalu menarik untuk diteliti karena banyak misteri dan pertanyaan yang belum terjawab tentangnya. Salah satu cara ilmuwan untuk mengetahui bagaimana sistem tata surya bekerja adalah dengan membuat model. Model merupakan barang tiruan dari sesuatu dengan ukuran yang lebih kecil tetapi dengan bentuk atau rupa yang diusahakan mirip dengan yang ditiru.

Model Tata Surya 2 Dimensi

Alat dan bahan yang diperlukan :
- Kertas Karton
- Kertas warna-warni/kertas origami
- Gunting
- Spidol Warna
- Krayon
- Penggaris
- Lem
Model Tata Surya 3 Dimensi

Alat dan bahan :
- Bola berbagai ukuran
- Cat/pewarna
- Gelas plastik
- Lem/perekat
- Kertas Warna-warni/kertas origami
- Gunting


PEMBELAJARAN 2
BINTANG JATUH

TANYA JAWAB
1.    Apa itu Meteoroid?
Benda langit yang berupa potongan batuan/logam yang memiliki sifat melayang-layang, bebas tidak mengelilingi benda apapun di ruang angkasa. Bentuknya kecil, dipercaya sebagai pecahan dari komet dan asteroid
2.    Apa itu Asteroid?
Benda langit yang mengelilingi Matahari. Asteroid berkumpul pada lintasan yang dinamakan sabuk asteroid. Mengandung sedikit logam.
3.    Apa itu Meteor?
Meteoroid yang memasuki atmosfer bumi sehingga menjadi sangat panas hingga bersinar
4.    Apa itu Meteorid? ( catatan : tambahan dari admin )
Meteor yang tidak habis terbakar dan mencapai permukaan Bumi
5.    Bagaimana terjadinya Meteoroid?
Sebagian besar meteoroid terbentuk karena adanya tabrakan (tumbukan) antar benda langit (bisa planet, komet atau asteroid) satu dengan yang lain, sehingga membuat sisa atau pecahan dari benda yang bertumbukan tersebut. Kemudian pecahan tersebut keluar dari lintasan asalnya.
6.    Bagaimana terjadinya Asteroid?
Asteroid terbentuk dari debu dan es yang membeku menjadi batu karena suhunya yang sangat dingin. Asteroid merupakan sisa-sisa dari pembentukan tata surya sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu. Awalnya ketika Yupiter terbentuk, aktivitas dan gravitasi Yupiter dengan Mars membuat komponen yang lebih kecil di antara mereka saling bertabrakan. Tabrakan ini menciptakan objek kecil yang disebut dengan asteroid
7.    Bagaimana terjadinya Meteorid?
Benda angkasa berupa pecahan batuan angkasa yang jatuh dan masuk ke atmosfer Bumi akibat gravitasi Bumi. Saat masuk ke atmosfer Bumi, terjadi gesekan dengan udara, sehingga benda tersebut menjadi terbakar di atmosfer dan sampai ke permukaan Bumi. 


  
 ALUR CERITA
Alur cerita atau jalan cerita sebuah tulisan fiksi membantu pembaca untuk mengetahui rangkaian peristiwa di dalamnya. Alur cerita biasanya menjelaskan masalah atau konflik dan penyelesaiannya.

Contoh
Dimas adalah seorang anak yang suka sekali mengamati bintang-bintang di langit. Seringkali dia mengamati benda-benda langit pada malam hari di teras rumahnya. Kegiatan ini sering membuat ibunya jengkel, karena Dimas jadi lupa untuk belajar atau mengerjakan pekerjaan rumahnya, sehingga nilai dan peringkat kelasnya menjadi melorot. Untuk mengatasi hal tersebut Ibu Dimas berunding dengan adiknya Ibu Dimas, yang Dimas biasa memanggilnya om Dody. Kemudian om Dody menantang Dimas agar bisa mendapat peringkat pertama di kelasnya pada semester berikutnya dengan imbalan jika Dimas berhasil menggapainya, maka om Dody akan memberi hadiah berupa teropong binokular. Tentu saja Dimas bersemangat, karena dia tahu kalau teropong itu bisa digunakan untuk melihat benda-benda langit, termasuk bintang jatuh yang menjadi idaman Dimas untuk diamati. Akhirnya Dimas mendapatkan teropong binokular tersebut setelah meraih peringkat pertama pada semester berikutnya.


:
TARI KHAS DAERAH


TARI KREASI DAERAH


PEMBELAJARAN 3
DAMPAK MODERNISASI

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu akibat dari modernisasi. Perubahan yang terjadi karena modernisasi tampak dari benda-benda berteknologi yang kamu gunakan sehari-hari di rumah.
Berikut ini contoh teknoliogi sederhana dan modern :
Teknologi sederhana di masa lalu : Surat
Teknologi modern : Email (surat elektronik)
Teknologi sederhana di masa lalu : Telegram
Teknologi modern : Telepon
Teknologi sederhana di masa lalu : Pisau, gunting cukur/alat cukur
Teknologi modern : Alat cukur elektrik
Teknologi sederhana di masa lalu : Alat cuci manual
Teknologi modern : Mesin cuci
Teknologi sederhana di masa lalu : Sepeda
Teknologi modern : Sepeda motor

Perubahan teknologi terjadi salah satunya disebabkan oleh kebutuhan manusia yang semakin beragam dan cepat.

Modernisasi mempunyai dampak positif dan dampak negatif bagi budaya masyarakat Indonesia. Perkembangan teknologi merupakan salah satu dampak positif dari modernisasi, di mana masyarakat lebih mudah, cepat dan efisien dalam melakukan aktivitas. Contohnya adalah teknologi komunikasi (Handphone). Dampak negatif modernisasi diantaranya adalah mulai lunturnya budaya dan tradisi asli Indonesia, seperti kesenian daerah, maupun semangat kebersamaan dan gotong royong. Jadi harus ada penyaringan terlebih dahulu terhadap modernisasi yang masuk ke Indonesia.


RINGKASAN CERITA FIKSI
Judul : Berkunjung ke Observatorium Bosscha
Pengarang : Diana Karitas
Bagian Awal
Cuaca cerah di Observatorium Bosscha saat rombongan sekolah Rima tiba di lokasi. Biasanya langit mendung dan gerimis pada bulan oktober 
Bagian Tengah
Tiba-tiba rombongan Rima mendengar suara menangis. Setelah dicari asal suara ternyata suara itu berasal dari Agatha, teman Rima satu sekolah yang beda kelas. Ternyata Agatha tertinggal dari rombongannya di Observatorium Bosscha.
Bagian Akhir
Rima dan Kak Yani membantu Agatha yang terpisah kembali ke rombongannya. Rima mengajak Agatha ke bagian belakang ruangan dan membagi minumannya. Rima bersyukur temannya itu sudah tenang


Artikel :
MEMPERKUAT PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA LEWAT "HARMONI INDONESIA 2018"
Kegiatan bernyanyi bersama "Harmoni Indonesia 2018" digelar serentak di 34 kota di seluruh Indonesia pada Minggu, (5/8). Di Bandung, kegiatan ini dikoordinatori Universitas Padjadjaran dan digelar di area Taman Cikapayang, Jalan Ir. H. Djuanda
Dibantu Komando Daerah Militer III/Siliwangi, Kepolisian Daerah Jawa Barat, dan Pemrov Jawa Barat, acara ini diikuti oleh sejumlah pimpinan, dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad, prajurit TNI, anggota kepolisian, jajaran sipil di pemerintah provinsi, perwakilan isntitusi, serta masyarakat umum. Acara ini dihadiri langsung Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Komjen M. Iriawan, Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto dan Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad.
Tepat pukul 08.00 WIB, acara ini menyiarkan siaran langsung "Harmoni Indonesia 2018" yang terpusat di Jakarta. Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan bahwa kegiatan "Harmoni Indonesia 2018" digelar untuk menyemarakkan 73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, menjelang digelarnya Asian Games 2018 di Indonesia, Presiden juga mengajak seluruh elemen bangsa menyemangati para atlet nasional melalui acara ini. "Dengan Harmoni Indonesia 2018, kita harapkan semangat persatuan, kerukunan, dan kebangsaan kita bisa berikan dan semangati semua. Agar kita paham bahwa persatuan dan nasionalisme adalah aset terbesar bangsa" Jelas Presiden.
Usai sambutan Presiden, acara dilanjutkan dengan bernyanyi bersama. Dipandu konduktor Addie MS, seluruh peserta akan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Mars Garuda Pancasila, Rayuan Pulau Kelapa, serta Bagimu Negeri.

TELA’AH :
Kegiatan tersebut sesuai nilai Sila ke-2, yaitu :
  • Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, serta kewajiban setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan warna kulit
  • Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira
Kegiatan tersebut sesuai nilai Sila ke-3, yaitu :
  • Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara apabila diperlukan
  • Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa
  • Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia
  • Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika
  • Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa


PEMBELAJARAN 4
DAMPAK MODERNISASI TERHADAP BUDAYA

Dampak Negatif Modernisasi terhadap Budaya Masyarakat Indonesia
  • Munculnya keraguan terhadap norma dan nilai masyarakat
  • Munculnya kesenjangan budaya
  • Munculnya budaya Individualisme
  • Munculnya budaya Konsumerisme
  • Munculnya budaya Hedonisme
  • Munculnya budaya Werternisasi/lunturnya budaya sendiri

Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasinya
  • Dengan penerapan nilai dan norma yang benar dalam kehidupan sehari-hari, setiap tindakan bercerminkan padan nilai dan norma tersebut
  • Dengan menyaring informasi yang masuk dengan menggunakan nilai dan norma yang telah dianut oleh masyarakat Indonesia
  • Dengan membiasakan dan kembali membudayakan nilai kebersamaan dan gotong royong yang merupakan salah satu jati diri bangsa
  • Membudayakan hidup berhemat/gemar menabung, serta meningkatkan daya kreativitas dalam pengelolaan keuangan
  • Dengan meningkatkan kepedulian sosial, meningkatkan sifat simpati dan empati terhadap lingkungan sekitar
  • Meningkatkan jiwa nasionalisme dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Poster dampak negatif modernisasi dan cara penanggulangannya


 Kesimpulan :
Dampak Modernisasi ada yang bersifat positif dan ada yang bersifat negatif. Dampak positif antara lain: cara berpikir yang lebih terbuka, logis, rasional, disiplin dan menghargai waktu. Dampak negatif yang berpengaruh pada budaya masyarakat antara lain: Hedonisme (gaya hidup mewah), Konsumerisme, indivualistis, lunturnya budaya daerah sendiri. Diperlukan tindakan-tindakan bijaksana dalam menyaring dampak negatif modernisasi agar tidak merusak budaya dan jati diri bangsa Indonesia.

CERITA INSPIRATIF.
Cerita yang mampu memberi inspirasi bahwa pemenang adalah orang yang mampu menunjukkan kebesaran jiwa untuk menerima kekalahan.


Judul : Berbesar Hati Menerima Kekalahan
Pengarang : Fitri Kurnia Sari
Pokok Pikiran Awal : Edo menjauh dari Bagus yang merupakan sahabatnya
Pokok Pikiran Tengah : Edo Mengalami musibah, kakinya tersandung meja dan terjatuh, kemudian ditolong oleh Bagus
Pokok Pikiran Akhir : Penjelasan Edo dan penyelesaian masalah Edo dengan Bagus 

Edo bersahabat dengan Bagus. Namun sejak seminggu Edo menjauh dari Bagus. Bagus tentu bertanya-tanya. Setiap Bagus mendekat untuk mengajak berbicara, Edo selalu menjauh,  Bagus memperkirakan sikap Edo ini berhubungan dengan peristiwa pemilihan ketua kelas. Bagus ingin berdiskusi dengan Edo, tapi Edo tetap menjauh, termasuk hari ini saat bel pulang terdengar, Edo dengan tergesa-gesa bergegas keluar menghindar, Edo tidak memperhatikan sekitarnya, sehingga terjatuh dan kepalanya terbentur meja. Bagus dan teman-teman segera menolong Edo. Kesempatan ini dimanfaatkan Bagus untuk berdiskusi dengan Edo. Akhirnya Edo menjelaskan apa yang menjadi permasalahannya. Setelah memberi pengertian ke Edo oleh Bagus dan teman-temannya, akhirnya Edo meminta maaf ke Bagus dan mereka kembali bersahabat.


SIKAP DALAM MUSYAWARAH
Sikap dalam Musyawarah yang mendorong Persatuan dan Kesatuan
  • Saling memahami dan menghargai pendapat orang lain dalam musyawarah
  • Lapang dada menerima masukan dalam bentuk kritik, usul, dan saran dari peserta lain dalam musyawarah
  • Tidak boleh memaksakan kehendak kepada peserta musyawarah yang lain
  • Semua peserta musyawarah harus melaksanakan hasil keputusan musyawarah dengan penuh tanggung jawab
  • Diliputi oleh semangat kekeluargaan
  • Mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi/golongan
Sikap dalam Musyawarah yang Mengancam Persatuan dan Kesatuan
  • Memaksakan kehendak kepada peserta lain
  • Tidak mau menerima masukan, saran dan kritik dari peserta lain dalam musyawarah
  • Mementingkan kepentingan pribadi
  • Tidak mau melaksanakan hasil keputusan musyawarah
  • Tidak diliputi semangat kekeluargaan tapi diliputi ambisi sendiri

Sikap dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin diskusi
  • Kemampuan menyusun rencana
  • Kemampuan mengajak anggota berdiskusi
  • Kemampuan memberikan bantuan kepada anggota diskusi
  • Kemampuan memberi inspirasi/memupuk moral dan kreativitas anggota
  • Kemampuan bekerja sama  dalam kelompok
  • Kemampuan membagi dan menyerahkan tanggung jawab/pembagian tugas /delegasi
  • Kemampuan berkomunikasi yang baik
Sikap dan keterampilan yang diperlukan sebagai pencatat/notulen kegiatan musyawarah?
  • Keterampilan mencatat kegiatan/poin-poin  penting dalam meusyawarah
  • Keterampilan mengetahui tema dan tujuan rapat
  • Keterampilan menilai dan sigap dalam menangkap hal-hal penting yang muncul dalam musyawarah
  • Keterampilan menyimpulkan pembicaraan dalam musyawarah
  • Keterampilan dalam berkosentrasi mengetahui pembicaraan dalam musyawarah
  • Keterampilan mengungkapkan isi pikiran dengan tepat dan logis sehingga sesuai dengan yang dimaksud
  • Keterampilan menyimpan dokumen/notulen

Peran peserta musyawarah :
  • Mengikuti jalannya musyawarah
  • Mengeluarkan/menyampaikan pendapat dalam musyawarah
  • Menyetujui atau menolak pendapat orang lain
Tanggung jawab peserta musyawarah:
  • Mengikuti aturan/tata tertib dalam musyawarah
  • Menghormati pendapat orang lain
  • Menghargai pendapat orang lain
  • Menjaga suasana kondusif dalam musyawarah
  • Melaksanakan hasil keputusan musyawarah

Sikap dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi peserta musyawarah :
  • Antusias/semangat mengikuti kegiatan musyawarah
  • Menghormati peserta lain
  • Sikap lapang dada dan berjiwa besar
  • Kemampuan untuk mendengarkan pendapat orang lain dalam musyawarah
  • Kemampuan untuk bekerja sama dengan peserta musyawarah yang lain
  • Kemampuan untuk menerima dan melaksanakan setiap hasil keputusan musyawarah

Jika setiap kegiatan dan hasil musyawarah ini diliputi oleh semangat gotong royong dan kekeluargaan serta hasil musyawarah ini untuk kepentingan bersama, maka persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar akan semakin kuat dan terjaga. Namun jika setiap kegiatan dan hasil musyawarah ini tidak diliputi semangat gotong royong dan kekeluargaan akan menimbulkan perpecahan, baik ketika proses maupun setelah pengambilan keputusan serta tidak dilandasi semangat lapang dada dan berjiwa besar, maka musyawarah ini akan menimbulkan pertentangan dan perselisihan di lingkungan sekitar, yang pada akhirnya merusak persatuan dan kesatuan

Kesimpulan :
Bahwa dalam setiap musyawarah harus diliputi semangat gotong royong, kekeluargaan, mengutamakan kepentingan bersama, dapat dipertanggung jawabakan serta ditunjang oleh sikap lapang dada dan berjiwa besar, maka proses maupun hasil musyawarah tersebut makin mempererat persatuan dan kesatuan.



PEMBELAJARAN 5
BULAN

Kamu telah mengetahui lebih banyak tentang salah satu benda langit yang paling tidak asing bagi kamu. Bulan, sebagai satu-satunya satelit Bumi merupakan salah satu benda langit yang pertama diteliti para ilmuwan. Salah satu tujuan penelitiannya adalah untuk melihat kemungkinan apakah Bulan dapat menjadi tempat tinggal manusia.

Poster Persamaan dan Perbedaan Bumi dan Bulan

Bulan memiliki beberapa persamaan dan perbedaan dengan Bumi. Karena Bulan tidak memiliki komponen utama untuk manusia hidup, yaitu udara maka Bulan sulit untuk didiami manusia. Ditambah lagi perbedaan suhu yang terlalu ekstrim antara siang hari dan malam hari makin mempersulit jika manusia tinggal di bulan.


TARI KREASI DAERAH
Tari kreasi daerah mempunyai karakteristik masing-masing. Tari kreasi daerah banyak digali atau dikembangkan dari tari daerah/tari klasik dengan menambahkan beberapa kreasi dan inovasi gerakan baru dari penciptan tari kreasi daerah tersebut. Ada beberapa persamaan dan ada beberapa perbedaan antara tari kreasi daerah satu dengan tari kreasi daerah yang lain.


  
PEMBELAJARAN 6
PERUBAHAN FASE BULAN

.

PERTUNJUKAN TARI
Bahwa keberhasilan pertunjukan tari ditentukan oleh persiapan-persiapan sebelum acara dilakukan, seperti bentuk dan unsur pendukung karya tari, antara lain gerak tari, tata busana, tata rias, properti tari, dan iringan, serta pendukung lainnya.


WAWANCARA
Kegiatan : Kerja bakti kebersihan sekolah
Nama Narasumber : ....... (nama siswa)

Bagaimana peristiwa kerja sama berhubungan dengan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolahmu?
Dengan bekerja sama maka masalah-masalah yang timbul dapat diselesaikan bersama-sama, dalam proses kerja sama tersebut timbul kegiatan saling menolong sehingga mampu meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan

Bagaimana cara kelompokmu memulai kerja sama dalam kegiatan di atas?
Dengan melakukan pembagian tugas, dan masing-masing individu bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Tantangan apa sajakah yang kamu temui saat bekerja sama di sekolah?
Tantangan terbesar saat bekerja sama di sekolah adalah masalah tingkat kesadaran untuk masing-masing individu untuk bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan

Apakah yang kamu rasakan ketika kamu bekerja sama dengan teman sekelompokmu?
Permasalahan yang dihadapi bersama lebih mudah untuk diatasi, rasa kebersamaan dengan teman makin meningkat, persatuan makin kuat dengan sesama teman.

Nilai-nilai Pancasila manakah yang perlu diterapkan dalam bekerja sama sebagai salah satu peristiwa persatuan dan kesatuan di sekolah?
  • Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa (Sila ke-2)
  • Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, serta kewajiban setiap manusia tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan warna kulit (Sila ke-2)
  • Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira (Sila ke-2)
  • Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika (Sila ke-3)
  • Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa (Sila ke-3)
  • Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain (Sila ke-4)
  • Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama (Sila ke-4)
  • Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong (Sila ke-5)
  • Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban (Sila ke-5)
Kesimpulan:
Kerjasama merupakan salah satu komponen penting dalam peningkatan semangat persatuan dan kesatuan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar